matematika

SKL  UN  MATEMATIKA 2009-2010

I.       Menggunakan konsep operasi hitung dan sifat-sifat bilangan, perbandingan, aritmatika sosial, barisan bilangan, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.
Kemampuan yang diuji :
  1. Menghitung hasil operasi tambah, kurang, kali dan bagi pada bilangan bulat.
Indikator :        a.   menentukan hasil operasi campuran bilangan bulat.
Contoh soal :
1).  Hasil dari  (-12) : 3 + 8 ´ (-5) adalah ….
A. -44                                   C. 28
B. -36                                    D. 48

2).   Hasil dari  -4 + 10 : 2 ´ (-5) adalah ….
A. -29                                   C. -12
B. -15                                    D. -5

3).   Hasil dari  6 x 3 -(-12) : 3 adalah ….
A. 10                                      C. 22
B. 18                                      D. 25

Indikator :        b.   menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan operasi hitung bilangan bulat.
Contoh soal :
1).        Suhu tempat A adalah 100 C di bawah nol, suhu tempat B adalah 200C di atas nol,  dan suhu tempat
C adalah tepat di antara suhu tempat A dan tempat B. Suhu tempat C  adalah ….
A. – 150                                 C. 50
B. – 50                                   D. 150 

2).  Dalam kompetisi Matematika, setiap jawaban benar diberi skor 3, jawaban  salah diberi skor -1, dan jika tidak menjawab skornya 0. Dari 40 soal yang disediakan, Dedi menjawab 31 soal, yang 28 soal di antaranya dijawab benar. Skor yang diperoleh Dedi adalah….
A.    81                                                   C.    87
B.    84                                                   D.    93

3).   Dalam ulangan matematika yang terdiri dari 40 soal, ditentukan aturan sbb :
Jika dapat menjawab benar mendapat skor = 4, jika menjawab salah mendapat
skor = -2, dan jika tidak menjawab mendapat skor = -1. Ternyata Agus dapat
menjawab benar sebanyak 22 soal dan menjawab salah sebanyak 3 soal, maka
skor yang diperoleh oleh Agus adalah … .
A.  84                                 C.    79
B.  81                                 D.    77

Indikator :           b.    menyelesaikan   soal cerita yang berkaitan dengan operasi hitung pecahan.
Contoh soal :
1).   Luas taman pak Ahmad 300 m2.  bagian ditanami bunga mawar,  bagian ditanami bunga melati,  bagian ditanami bunga anyelir, dan sisanya dibuat kolam. Luas kolam adalah ….
A. 45 m2                                               C. 65 m2
B. 55 m2                                                D. 75 m2
2).   Jumlah siswa di suatu kelas 40 orang.  bagiannya senang sepakbola,  bagian senang volley,  bagian senang basket, sedangkan sisanya senang berenang.
Jumlah siswa yang senang berenang adalah….
  1. 1 orang                                         C. 10 orang
  2. 3 orang                                         D. 15 orang

3).   Penghasilan Ady setiap bulan adalah Rp3.600.000,00.   bagian untuk biaya transportasi, bagian untuk biaya pendidikan,bagian untuk keperluan di rumah, sedangkan sisanya di tabung. Jumlah uang yang di tabung oleh Ady adalah ….
  1. Rp2.400.000,00                                          C.    Rp400.000,00
  2. Rp600.000,00                                             D.    Rp200.000,00

  1. Menyelesaikan masalah berkaitan dengan skala dan perbandingan.
Indikator :     a.   Menentukan salah satu dari jarak sebenarnya, skala gambar, atau jarak pada gambar.
Contoh soal :
1).   Jarak sebenarnya antara dua kota 80 km, sedangkan jarak pada peta 5 cm.
Skala peta tersebut adalah ….
A. 1 : 400                                              C. 1 : 160.000
B. 1 : 40.000                                        D. 1 : 1.600.000

2).   Jarak dua buah kota pada peta dengan skala 1 : 2.500.000 adalah 3 cm.
Jarak sebenarnya kedua kota itu adalah ….
A. 75 km                                               C.  60 km
B. 65 km                                           D.  50 km

3).   Jarak antara kota Jakarta dengan kota Bogor yang sebenarnya adalah 60 km. Dengan skala peta       1 : 1.200.000, jarak pada peta adalah ….
A. 4 cm                                                 C. 6 cm
B. 5 cm                                                  D. 7 cm

Indikator :           b.    Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan perbandingan senilai atau
berbalik nilai.
Contoh soal :
1).   Sebuah mobil memerlukan 15 liter bensin untuk menempuh jarak sejauh 180 km. Jika tangki
mobil tersebut berisi 20 liter bensin, jarak yang dapat ditempuh adalah ….
A. 320 km                                            C.  230 km
B. 240 km                                             D.  135 km

2).   Sebuah asrama memiliki penghuni sebanyak 30 orang. Persediaan makanan yang ada diperkirakan
akan habis selama 8 hari. Karena ada tambahan 10 orang penghuni, berapa hari persediaan makanan akan habis ?
A. 6   hari                                              C. 15 hari
B. 11 hari                                              D. 24 hari

3).   Dengan kecepatan rata-rata 90 km/jam, sebuah kendaraan memerlukan waktu 3 jam 20 menit. Jika
kecepatan rata-rata kendaraan 80 km/jam, waktu yang diperlukan untuk menempuh jarak tersebut
adalah ….
A. 3 jam 15 menit                             C. 3 jam 45 menit
B. 3 jam 40 menit                             D. 3 jam 50 menit

  1. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan jual beli.
Indikator :        a.   Menentukan persentase untung/rugi.
Contoh soal :
1).   Harga pembelian 2 lusin buku Rp76.800,00. Buku dijual eceran dengan harga Rp4.000,00 tiap buah.
Persentase untung atau ruginya adalah ….
A. untung 25%                                   C. untung 20%
B. rugi 25%                                          D. rugi 20%

2).   Harga pembelian 1,5 lusin buku Rp72.000,00. Buku dijual eceran dengan harga Rp3.000,00 tiap
buah. Persentase untung atau ruginya adalah ….
A. untung 25%                                   C. untung 75%
B. rugi 25%                                          D. rugi 75%

Indikator :           b.    Menentukan salah satu dari harga pembelian, harga penjualan, jika persentase
untung/rugi diketahui.
Contoh soal :
1).   Dengan harga jual Rp9.000.000,00 seorang pedagang rugi 10%.
Harga pembeliannya adalah ….
A. Rp10.000.000.00                          C.  Rp8.100.000,00
B. Rp9.900.000,00                             D.  Rp900.000,00

2).   Sebuah handphone bekas dibeli dengan harga Rp. 320.000,00, kemudian diperbaiki dengan
menghabiskan biaya Rp. 140.000,00. Bila  handphone tersebut akan dijual dengan mengharapkan untung 25 %, maka harga jual handphone itu adalah ………..
A.   Rp. 598.000,00                  C.   Rp. 540.000,00
B.   Rp. 575.000,00                  D.   Rp. 400.000,00

  1. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbankan dan koperasi.
Indikator :           a.    Menentukan salah satu dari persentase bunga, waktu, atau besar uang setelah
n bulan, jika unsur yang diperlukan diketahui.
Contoh soal :
1).  Andi menabung uang sebesar Rp800.000,00 di Bank dengan bunga 6% per tahun.
Jumlah tabungan Andi setelah 9 bulan adalah ….
A.  Rp836.000,00                   C.  Rp848.000,00
B.  Rp840.000,00                    D.  Rp854.000,00

2).  Pak Amir menyimpan uang sebesar Rp. 750.000,00 di sebuah bank. Bank itu memberikan bunga tunggal sebesar 12 % per tahun. Bila jumlah simpanan pak Amir sekarang sebesar Rp. 810.000,00, maka lama pak Amir menabung adalah ………..
A.   6 bulan                              C.   9 bulan
B.   8 bulan                              D.   10 bulan

3).  Bu Aminah menyimpan uang di bank sebesar Rp. 600.000,00. Setelah 4 bulan, jumlah simpanan bu Aminah menjadi Rp. 648.000,00. Suku bunga tunggal ( % )  yang diberikan bank itu per tahun adalah ………..
A.   15 %                                  C.   12 %
B.   18 %                                  D.   24 %

4).  Pak Arman meminjam uang di koperasi sebesar Rp. 10.000.000,00. Koperasi mengenakan jasa kepada peminjam sebesar 1 % setiap bulan kepada peminjam. Jika Pak Arman ingin mengembalikan pinjamannya dengan cara mengangsur sebanyak 20 kali, maka besarnya angsuran setiap bulan adalah … .
A.    Rp 2.000.000,00 C.                    Rp. 500.000,00
B.    Rp. 600.000,00                           D.     Rp. 200.000,00


II.     Memahami operasi bentuk aljabar, konsep persamaan dan pertidaksamaan linear, persamaan garis, himpunan, relasi, fungsi, sistem persamaan linear, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah.
Kemampuan yang diuji :
  1. Mengalikan bentuk aljabar.
Indikator :        Menentukan hasil perkalian bentuk aljabar suku dua.
Contoh soal :
1).   Hasil dari (3p+q)(2p– 5q) adalah ….
A. 6p2 – 13pq – 5q2                                          C. 6p2 – 17pq – 5q2
B. 6p2 + 13pq – 5q2                                          D. 6p2 + 17pq – 5q2

2).   Hasil dari (a–7b)(4a– 2b) adalah ….
  1. 4a2 – 26ab – 14b2                      C. 4a2 – 30ab + 14b2
  2. 4a2 + 26ab – 14b2                      D. 4a2 + 30ab + 14b2

  1. Menghitung operasi tambah, kurang, kali, bagi, atau kuadrat bentuk aljabar.
Indikator :        Menentukan hasil operasi hitung bentuk aljabar
Contoh soal :
1).   Bentuk sederhana dari 2x + 4xy – 6y -5x – 7xy + y adalah ….
A.    -3x – 3xy – 5y                             C.    -7x – 3xy + 5y
B.    -3x – 11xy + 7y                          D.    -7x + 11xy – 7y

2).   Bentuk sederhana dari (3p – 6 pq + 2q) – (2p – pq + 5q) adalah ….
  1. p – 5pq – 3q                               C.   p – 7pq – 3q
  2. p + 5pq + 3q                               D.   p + 7pq + 3q

3).   Diketahui A =  –2x + 3y dan B = 2x + 3y.
Nilai B – A adalah … .
  1. – 4x                                                C.    4x
B.     – 6y                                               D.    6y

  1. Menentukan penyelesaian persamaan linear satu variabel.
Indikator :        Menentukan penyelesaian persamaan linear satu variabel.
Contoh soal :
1).   Jika  5 ( x – 6 ) = 2 ( x – 3 ), maka nilai dari :   x + 3 adalah ………
A.    19                                                   C.    7
B.   11                                                    D.    -9

2).   Penyelesaian dari (3x – 6) = (2x – 3) adalah ….
A.    x = -30                                           C.    x = 6
B.    x = -6                                             D.    x = 30
11.    Menentukan irisan atau gabungan dua himpunan dan menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan irisan atau gabungan dua himpunan.
Indikator :        a.   Menentukan irisan atau  gabungan dua himpunan.
Contoh soal :
1).   Diketahui A = {x | x < 10, x bilangan prima} dan
B = {x|1< x < 10, xbilangan ganjil}.
AB adalah ….
A. { 3, 4, 5 }                                          C. { 2, 3, 5 }
B. { 3, 5, 7 }                                          D. {1, 3, 5, 7 }

2).   Diketahui: K = { bilangan prima antara 2 dan 12}, dan L = { 4 bilangan kelipatan 3 yang pertama}.
AB adalah ….
A. { 3,5,6,7,9,11,12}                                         C. {3,6,9}
B. { 5,6,7,9,11,12}                                             D. {3}

Indikator :             b.         Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan irisan atau gabungan dua
himpunan.
Contoh soal :
1).   Dari suatu kelas terdapat 25 orang siswa suka membaca, 30 orang suka mengarang. Jika 12 orang siswa suka membaca dan mengarang, banyaknya seluruh siswa dalam kelas tersebut adalah ….
A. 67 orang                                         C.  43 orang
B. 55 orang                                          D.  37 orang

2).   Dari 143 siswa,  95 siswa senang matematika, 87 siswa senang fisika, dan 60 siswa senang keduanya. Banyak siswa yang tidak senang matematika maupun fisika ada ….
A.  21 orang                                        C.  35 orang
B.  27 orang                                         D. 122 orang

3).   Dalam suatu kelompok terdapat 11 orang dapat berbahasa Inggris, 10orang dapat berbahasa Jerman,dan  2 orang tidak dapat berbahasa asing tersebut. Jika banyak anggota kelompok ada 20 orang, maka persentas orang yang dapat berbicara dengan dua bahasa adalah :…………….
a.   10                                                     C.    15
b.   12                                                   D.   18

Tidak ada komentar:

Posting Komentar